Untuk Ibu Saya

Hari ini saya begitu bersyukur saya menyadari

Bahwasanya saya memiliki apa yang Nabi Muhammad SAW tidak miliki, 

yakni kasih sayang dari seorang Ibu dua puluh tahun terakhir.

 

Saya meyakini, sampai kapanpun, kasih sayang yang diberikan oleh Ibu adalah abadi, tulus, dan cuma-cuma.

Orang lain bisa memberi kasih sayang pada saya. 

Mungkin karena saya pernah ranking 1 waktu sd dulu, menjuarai lomba ini itu, tidak gemuk, bisa main bola, ikut organisasi, dan sebagainya. 

Tapi, kasih sayang Ibu saya tidak berbatas pada apa yang melekat di diri saya. 

Pertama sekali, Ibu saya mengizinkan saya hidup. 

Beliau tidak seperti sekelompok calon Ibu yang tega menggugurkan kandungannya, atau dengan kata lain membunuh darah dagingnya sendiri.

Dengan sabar, sembilan bulan lamanya Ibu saya menjaga agar saya bisa hadir ke dunia dalam kondisi yang pantas. 

Kasih sayang Ibu saya sudah ada, sebelum saya ada di dunia.

Dalam kondisi nadir seorang manusia, Ibu saya menjadi orang pertama yang memberi kasih sayangnya. 

Seorang bayi baru lahir, telanjang bulat, penuh lendir dan darah, tidak bisa apa-apa selain menangis dan menghentakkan beberapa bagian tubuhnya diberi air susu dengan tulus. 

Ketika saya kelaparan, di waktu apapun dan di tempat seperti apapun beliau akan mengusahakan kenyangnya perut saya.

Ketika saya buang air kecil atau buang air besar di sembarang tempat, ketika orang lain ilfil, justru Ibu saya dengan sabar membersihkannya. 

Ketika saya menangis terisak-isak, di kala orang lain menjauh, justru Ibu menyediakan peluknya untuk menguatkan saya.

 

dan masih banyak ketika-ketika lainnya di mana orang lain tidak mungkin memberi kasih sayangnya namun Ibu saya tetap konsisten.

Sementara itu, anaknya malah membuang-buang waktu untuk memikirkan anak orang lain. 

Padahal sang anak yakin, jika sebagian besar waktu sang Ibu digunakan untuk memikirkan si anak. 

Dasar bodoh!

Leave a Reply

