“Konspirasi Kecil” Meneladani Semangat Prof. Dr. Teuku Jacob

Berawal dari obrolan ringan dengan Erwin Gonti, terbersitlah ide untuk mewujudkan suatu perbincangan serius lintas disiplin ilmu yang relatif ekstrim : hubungan internasional dan teknik nuklir. Dikemas melalui wadah seminar, diskusi interdisipliner yang awalnya hanya berada di angan, kemarin berhasil diwujudkan. Perdebatan eternal mengenai kedaulatan energi menyadarkan kami untuk menawarkan terobosan dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Menerobos sekat-sekat keilmuan dan ego sektoral yang selama ini menghambat kemajuan bangsa, Korps Mahasiswa Hubungan Internasional dan Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada mempersembahkan 

 

SEMINAR NUKLIR NASIONAL:

CERMINAN SEMANGAT INTERDISIPLINER PROFESOR TEUKU YACOB

 oleh Ario Bimo Utomo 

          Pada hari Kamis (12/9), bertempat di Ruang Sidang 2.1 Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM (KPFT UGM), diadakanlah sebuah seminar nasional yang bertajuk Energi Nuklir Indonesia: Peluang dan Tantangan. Seminar ini merupakan wujud kerjasama antara Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika (KMTF).

          Seminar yang dihadiri sekitar 150 orang ini secara garis besar membahas peluang energi nuklir dilihat dari berbagai perspektif. Pemateri seminar ini adalah Ir.Agung Usadi (Direktur Business Development BATAN Teknologi), Dr.Dhandhang Purwadi (Kepala Bidang Diseminasi BATAN), serta Rochdi Mohan Nazala, M.Si M.Lit (Dosen Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UGM). Seminar dimoderatori oleh Hadza Min Fadli, kepala bidang eksternal Dewan Mahasiswa FISIPOL UGM.

          Pemaparan diawali oleh Ir.Agung Usadi dengan presentasi berjudul Proses Identifikasi Industri Nuklir, yang banyak berbicara mengenai posisi pasar energi nuklir. Kemudian, pembicara kedua yakni Dr.Dhandang Purwadi memberikan pemaparan dari sisi teknis melalui presentasinya yang bertajuk Peluang dan Tantangan Pembangunan PLTN di Indonesia. Presentasi ditutup oleh pemaparan dari perspektif politik internasional oleh Rochdi Mohan Nazala, M.Si, M.Lit lewat presentasi yang berjudul Nuclear Power.

          “Seminar ini merupakan wujud nyata komitmen mahasiswa terhadap isu nuklir. Ini juga mencerminkan semangat mantan rektor UGM, Prof.Teuku Yacob, yang sangat menekankan pentingnya kajian interdisipliner,” ungkap Dhamar Sukma Ramadhan, ketua acara. Selain itu, Dhamar juga menambahkan bahwa seminar ini cukup istimewa karena diinisiasi langsung oleh organisasi kemahasiswaan.

          Seminar ini merupakan salah satu program kerja departemen Intrakurikuler dan Akademik (INKA) KOMAHI UGM. Selain seminar ini, INKA KOMAHI juga memiliki sejumlah program kerja interdisipliner lain seperti Diskusi Biopiracy (bersama BEM Biologi UGM) dan Australian Days (bersama Institute of International Studies UGM) 

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s