Menjaga Konsistensi pasca Ramadhan

“Kesuksesan ramadhan bukan dari berapa banyak ibadah sunah yg dilakukan, tapi bagaimana transformasi prilaku kita pasca ramadhan” – Mas Basith

Tiada kata selain setuju terhadap potongan ceramah Mas Basith diatas. Rasanya agak aneh juga bahwa sebagai insan kita kok kaya bunglon. Pas ramadhan jadi baik (dalam parameter ibadah dan perilaku) tapi setelah ramadhan mbalik maneh jadi liar. Padahal, tuntutan untuk beribadah dan berperilaku secara baik dan konsisten itu sepanjang masa.

Mungkin orang akan mengacu pada keyakinan bahwa iman (yang mendorong seseorang untuk menjadi baik) itu naik turun. Mungkin juga banyak yang meyakini bahwa Iman naik di kala ramadhan. Tapi apakah itu iman yang telah mendorong untuk beribadah? Atau karena ikut-ikutan lingkungan sekitar yang memang sedang terkonsentrasi pada ibadah ramadhan yang begitu overwhelming gitu? Wallahualam.

Alangkah luar biasa ketika Ramadhan menjadi kawah candradimuka yang menempa kita menjadi pribadi yang baik. Ketika kebaikan itu bisa kita terapkan di luar ramadhan, tentu akan menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi kita. Ramadhanpun tidak menjadi suatu even tahunan yang meningkatkan kuantitas ibadah kita (khususnya ibadah sunah). Namun, Ramadhan membuat kita tahu, bagaimana caranya kita meningkatkan dorongan dari dalam diri untuk menjaga konsistensi ibadah kita, terlebih ibadah wajib yang bagaimanapun tentu lebih berharga daripada ibadah sunah.

Semoga, itulah hikmah yang kita dapatkan dari Ramadhan tahun ini. Akhir kata, saya mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT. Amin

Garudaaa Lebaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s