Kuliah Pertama Pak Yahya Semester 3

Setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu juga dosen. Salah satu asisten Tuhan untuk membagikan ilmu di muka bumi ini berbeda satu dengan yang lain. Khusus untuk pak yahya, satu kata bisa menggambarkan semuanya : Jawa!

Terlepas dari kejawaan beliau, ada satu hal yang sama ketika beliau memegang kelasnya, yakni beliau ingin membangun logika dari mata kuliahnya. Mungkin terlihat samar, kiranya terkait dengan kejawaan beliau, namun di pertemuan pertama beliau ingin menjelaskan hal fundamental dari mata kuliahnya.

Di hari ini, beliau sebagai pengampu kelas perbandingan politik bicara mengenai tujuan dari dipelajarinya ilmu perbandingan politik. Kurang lebih beliau mengatakan bahwa melihat kelebihan dan kekurangan dari hal-hal yang diperbandingkan adalah tujuannya. Di samping itu, beliau juga mengungkapkan bahwa di dalam ilmu perbandingan politik setidaknya ada dua cabang, yakni area studies yang berpijak pada perbandingan suatu hal yang pada dasarnya sama di daerah yang berbeda dan era studies yang berpijak pada perbandingan suatu hal yang pada dasarnya sama dalam kurun waktu yang berbeda.

Ilmu perbandingan politik sejatinya berbicara mengenai negara. Dalam perkembangannya, negara tidak lagi jadi obyek satu-satunya ilmu ini. 

Oleh karena negara menjadi obyek yang penting, pendekatan legal-formal-institusional menjadi langkah awal guna memahami negara yang kita bandingkan. Seiring berjalannya waktu, pendekatan legal-formal-institusional tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam realita. Muncullah pendekatan-pendekatan lain mulai dari antropologi, psikologi, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pendekatan legal-formal-institusional adalah dimensi cita-cita atau dimensi yang seharusnya terjadi pada suatu negara. Sedangkan  pendekatan antropologi, psikologi, dan lain sebagainya adalah dimensi realita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s